BeritaInternasional

Desak Hentikan Genosida di Gaza, Ratusan Ribu Massa Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina Akan Kepung Kedubes AS Ahad Sore 9 Juni

JAKARTA – Massa lintas agama dan organisasi keagamaan yang tergabung dalam Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina (ARIBP) akan mendatangi Kantor Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat pada Ahad (09/06) sore.

Ratusan ribu massa melakukan aksi damai untuk menentang dukungan Amerika Serikat (AS) atas kekejaman Israel terhadap Palestina.

“Kami taksir ada sekitar 100 ribu orang lebih lintas agama, suku, kelompok, profesi dari rakyat Indonesia yang cinta damai dan cinta keadilan,” kata Ketua Komite Pengarah ARIBP Prof Din Syamsuddin saat jumpa pers di kawasan Cipinang Cempedak, Jatinegara, Jakarta Timur, Rabu siang (05/06/2024).

Prof Din mengatakan, aksi ini akan diwarnai dengan berjalan kaki dari Kedutaan Besar (Kedubes) AS hingga Bundaran Hotel Indonesia (HI) dari pukul 15.00-18.30 WIB.

“Nantinya ratusan ribu massa itu juga akan menggelar shalat Maghrib berjamaah di lokasi sebagai bentuk ketaatan terhadap perintah Allah SWT,” tuturnya.

Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah itu menegaskan aksi ini digelar sebagai bentuk kecaman rakyat Indonesia terhadap agresi militer Israel terhadap Palestina yang tidak kunjung selesai.

Selain itu, aksi ini merupakan sikap dari jati diri warga Indonesia yang menolak adanya penjajahan sebagaimana Pembukaan UUD 1945.

“Mewujudkan perdamaian abadi dan mengenyahkan segala bentuk penjajahan dari muka bumi. Apa yang dilakukan Israel adalah bentuk penjajahan,” kata Prof Din Syamsuddin.

Ketua Pelaksana Aksi Bela Palestina ARIBP, KH Zaitun Rasmin menambahkan, pihaknya menuntut Israel dan Amerika Serikat untuk menghentikan pembantaian terhadap warga Palestina.

Pihaknya juga mendesak Pemerintah Indonesia untuk memprakarsai upaya militer guna menghentikan kekejaman Israel.

“Kami mau ada upaya militer, karena (cara) diplomasi sudah, bantuan kemanusiaan sudah, tapi pembantaian itu tetap berlangsung maka harus ada kekuatan untuk bisa menghentikan itu,” kata Ustaz Zaitun.

Dia berharap aksi ini dapat mendorong warga Indonesia untuk tidak berhenti menyuarakan kepentingan kemanusiaan, sekalipun ranahnya berada di luar negara sendiri.

Tidak hanya di depan Kedubes AS dan Bundaran HI, pihaknya juga menyuarakan hal ini di depan kantor Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat.

“Kami berharap hak dan keadilan yang sangat besar dari bangsa kita terhadap persoalan ini,” ujarnya.

Laporan: Media KITA Palestina

Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Articles

BeritaInternasional

Prof Din Syamsuddin: Atlet Indonesia Diminta Tolak Tanding Lawan Israel di Olimpiade Paris

JAKARTA – Aksi Solidarity Day menolak keikutsertaan Israel pada ajang Olimpiade Paris 2024...

BeritaInternasionalNasional

KITA Palestina dan WIZ bersama Mitra Lokal Gaza Buka Layanan Dapur Umum untuk Warga Pengungsi

GAZA – Dalam rangka menyambut momen Muharram, Komite Solidaritas (KITA) Palestina dan...

BeritaInternasionalNasional

Aksi Sport Solidarity Day, Ustadz Zaitun Rasmin: Tolak Negara Penjajah Israel Ikut Jadi Peserta Olimpiade Paris 2024

JAKARTA – Olimpiade Paris 2024 yang seharusnya menjunjung tinggi sportivitas dan solidaritas,...

BeritaInternasionalNasional

Ribuan Massa Aksi Sport Solidarity Day Serukan Penolakan Israel Ikut Olimpiade Paris 2024

JAKARTA – Ribuan Massa yang tergabung dalam Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina...