BeritaInternasional

UNRWA: Hari Ini Bencana Besar Palestina Sejak Nakba

NEW YORK – Komisaris Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA), Philippe Lazzarini, menyatakan bahwa Israel berupaya untuk mengakhiri operasi badan PBB tersebut, dan menargetkan badan-badan PBB lainnya.

“Hari ini kita menyaksikan bencana Palestina terbesar sejak Nakba,” kata Lazzarini dikutip dari Palinfo, Kamis (27/6) seraya mencatat bahwa UNRWA telah menjadi sasaran berbagai serangan, dan bahwa lembaga-lembaga kemanusiaan di Gaza telah menanggung akibat yang sangat besar.

Ia mencontohkan, 180 pekerja UNRWA gugur syahid dan 120 fasilitas milik badan PBB tersebut menjadi sasaran sejak 7 Oktober lalu. “Kami menjadi sasaran karena kami melindungi hak-hak pengungsi.” Tegasnya.

Dia melanjutkan bahwa ada upaya menghilangkan kerja UNRWA tersebut di wilayah penjajahan Israel di Palestina dan pembatasan keuangan telah mempengaruhi kualitas layanan kami dan seberapa parah penderitaan rakyat Palestina.

Komisaris PBB menekankan bahwa tantangan keuangan menghambat pekerjaan kami dan kami memerlukan lebih banyak kontribusi untuk menghadapi tantangan perang di Gaza dan mencatat bahwa tinjauan PBB menegaskan bahwa UNRWA menerapkan undang-undang tersebut pada semua karyawannya.

Dia menjelaskan bahwa badan PBB tersebut, sebelum perang, menyediakan lebih dari 72% layanan kesehatan di 12 fasilitas kesehatan, setengahnya berhenti bekerja di Jalur Gaza. UNRWA harus tetap mendapat dukungan atas peran dalam menanggapi bencana kemanusiaan di Gaza.

Philippe Lazzarini memperingatkan bahwa tingkat kelaparan di seluruh Jalur Gaza adalah bencana besar yang disebabkan oleh ulah manusia dan bahwa lebih dari 600.000 anak di Gaza menderita trauma dan kehilangan pendidikan.

Dia menekankan bahwa tanpa intervensi melanjutkan proses pendidikan di Gaza, kita akan membuat seluruh generasi berada dalam kemiskinan. UNRWA ada karena tidak adanya solusi politik terhadap masalah Palestina.

Sumber: Infopalestina

Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Articles

BeritaInternasional

Prof Din Syamsuddin: Atlet Indonesia Diminta Tolak Tanding Lawan Israel di Olimpiade Paris

JAKARTA – Aksi Solidarity Day menolak keikutsertaan Israel pada ajang Olimpiade Paris 2024...

BeritaInternasionalNasional

KITA Palestina dan WIZ bersama Mitra Lokal Gaza Buka Layanan Dapur Umum untuk Warga Pengungsi

GAZA – Dalam rangka menyambut momen Muharram, Komite Solidaritas (KITA) Palestina dan...

BeritaInternasionalNasional

Aksi Sport Solidarity Day, Ustadz Zaitun Rasmin: Tolak Negara Penjajah Israel Ikut Jadi Peserta Olimpiade Paris 2024

JAKARTA – Olimpiade Paris 2024 yang seharusnya menjunjung tinggi sportivitas dan solidaritas,...

BeritaInternasionalNasional

Ribuan Massa Aksi Sport Solidarity Day Serukan Penolakan Israel Ikut Olimpiade Paris 2024

JAKARTA – Ribuan Massa yang tergabung dalam Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina...