BeritaInternasional

Lembaga HAM: 10 Ribu Lebih Orang Hilang di Bawah Reruntuhan Gaza

GAZA – Euro-Mediterranean Human Rights Monitor mengungkapkan, lebih dari 10 ribu warga Palestina hilang di bawah reruntuhan di Gaza. Ada banyak penyebab para korban tidak bisa dievakuasi dari bawah reruntuhan.

Di antara penyebab itu aparat pertahanan sipil tidak memiliki alat yang memadai, kekurangan personil, medan yang berat, serta pengeboman yang masih terus terjadi. Di sisi lain, hampir tidak ada bantuan internasional untuk mengevakuasi para korban dari bawah reruntuhan.

Keluarga korban menghadapi tantangan besar dalam mengevakuasi jenazah karena kurangnya peralatan berat bagi tim penyelamat, serta larangan Israel untuk memasukkan peralatan dan bahan bakar ke Gaza.

Monitor Euro-Mediterranean mendokumentasikan pola berulang dari upaya Israel untuk menghalangi evakuasi korban dari reruntuhan, termasuk serangan berulang terhadap tim penyelamat dan keluarga yang mencoba mengevakuasi jenazah.

Mayoritas jenazah yang dievakuasi dari serangan militer Israel ditemukan di jalanan atau bangunan satu hingga dua lantai, sementara evakuasi dari bangunan bertingkat banyak mengalami kesulitan besar.

Pendekatan Israel ini juga menyebabkan penyebaran penyakit dan wabah berbahaya di Gaza, karena sebagian besar jenazah yang belum dievakuasi membusuk, meningkatkan risiko kesehatan bagi warga.

“Saya Tidak Bisa Mengubur Mereka”

Mariam Imad, satu-satunya yang selamat dari keluarganya, menceritakan kepada tim Euro-Mediterranean, pada 7 Desember lalu, pesawat Israel mengebom dua rumah keluarganya di Khan Yunis, Gaza Selatan. 36 orang syahid, termasuk orang tua, dua saudara kandung, salah satunya anak kecil, serta kakek, paman, dan sepupu-sepupunya.

Mariam tidak mengetahui nasib keluarganya selama 42 hari. Setelah penarikan Israel dari kota pada awal April. Dia bersama pamannya mencoba mengevakuasi jenazah, namun tidak berhasil sampai tim penyelamat datang dan mengevakuasi sebagian jenazah.

Dia belum bisa mengubur orang-orang yang dicintainya dan berharap bisa menguburkan sisa jenazah mereka.

Wisam Al-Sukni juga menceritakan, pada 22 November lalu, pesawat Israel mengebom rumah lima lantai miliknya di Beit Lahia, Gaza Utara, menewaskan dua anaknya bersama sekitar 45 orang lainnya.

Selama berminggu-minggu berusaha mengevakuasi korban, 15 jenazah masih tertinggal di bawah reruntuhan karena banyaknya puing, kurangnya peralatan, dan serangan berulang di wilayah tersebut.

Sumber: Palinfo

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

BeritaNasional

Dikawal Langsung Ustadz Zaitun Rasmin, KITA Palestina dan WIZ Kirim 12 Truk Bantuan Kemanusiaan ke Palestina

JAKARTA – Komite Solidaritas Palestina, Wahdah Inspirasi Zakat (WIZ) sebagai bagian dari...

BeritaInternasional

Seruan untuk Kampus di Seluruh Dunia: Hentikan Genosida di Gaza

AL-QUDS – Dewan Serikat Mahasiswa Universitas An-Najah di Nablus, Tepi Barat yang...

BeritaInternasional

Korban Agresi di Gaza Sejak 7 Oktober 2023, 41.084 Syahid dan 95.029 Terluka

GAZA – Pasukan penjajah Israel melakukan 4 pembantaian terhadap keluarga di Jalur...

BeritaInternasional

Kisah di Balik Penyaluran Bantuan untuk Pengungsi oleh KITA Palestina dan WIZ dan di Kamp Dayr Al-Balah

GAZA – Di balik debu-debu konflik yang belum kunjung reda, Dayr Al-Balah,...