Internasional

600 Truk Bantuan Dari Indonesia Telah Sampai di Gaza, Palestina

GAZA, kitapalestina.com — Bantuan kemanusiaan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI bersama Lembaga Amil Zakat (LAZ), mitra, dan masyarakat Indonesia telah sampai di wilayah Gaza, Palestina. Penyaluran bantuan ini berjalan lancar.
Perwakilan Egyptian Red Crescent (ERC) Marwan mengatakan sebanyak 600 truk bantuan kemanusiaan dari Indonesia, termasuk Baznas RI, telah berhasil masuk ke Gaza melalui gerbang jalur Rafah, Mesir.

“Gudang-gudang bantuan di Mesir saat ini sudah tidak penuh oleh barang karena penyaluran ke Gaza sudah lancar,” kata Marwan dilansir Antara, Minggu (12/11/2023).

Sementara itu, Ketua Baznas RI Noor Achmad mengatakan Baznas menerima informasi dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kairo bahwa Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Mesir Lutfi Rauf juga menyaksikan bantuan dari Baznas telah masuk ke Gaza.

“Alhamdulillah, bantuan tahap pertama yang kami kirim ini lancar, dan tidak mendapat hambatan-hambatan. Semoga pengiriman bantuan untuk selanjutnya pun dapat berjalan dengan lancar,” kata Noor.

Pihaknya terus melakukan koordinasi dengan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI bersama KBRI Kairo dan ERC untuk memastikan serta memantau pengiriman bantuan kemanusiaan ini berjalan dengan baik.

Dia mengatakan hal ini untuk memastikan donasi kemanusiaan masyarakat yang dititipkan ke Baznas RI 100 persen disalurkan untuk membantu masyarakat Palestina.

“Kami berharap bantuan kemanusiaan yang telah memasuki Gaza ini dapat segera didistribusikan kepada masyarakat Palestina, dan mudah-mudahan dapat meringankan beban penderitaan saudara-saudara kita di sana,” kata dia.

Sebelumnya, bantuan kemanusiaan telah dilepas oleh Presiden RI Joko Widodo di Pangkalan TNI AU Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Sabtu (4/11), dan bantuan tersebut tiba di Mesir pada Senin (6/11).

Bantuan 51,5 ton tersebut merupakan gabungan dari bantuan pemerintah dan dunia usaha serta masyarakat Indonesia, termasuk Baznas.

Adapun terdapat tiga lembaga kemanusiaan bersama pemerintah yang menghimpun bantuan untuk warga Palestina di Gaza, yakni Baznas RI, Palang Merah Indonesia (PMI), dan Humanitarian Forum Indonesia.

sumber: newsdetik

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Articles

BeritaInternasional

Grand Syekh al-Azhar Apresiasi Indonesia Aktif Bela Palestina, Tetap Fokus Perjuangkan Masjid Al-Aqsha

JAKARTA – Imam Akbar Grand Syekh al-Azhar Syekh Ahmad at-Tayeb mengingatkan umat...

BeritaInternasional

Yuk Ramaikan Aksi Bela Palestina dan Launching Gerakan 1000 Spanduk Boikot Israel di Bandung

BANDUNG – Aliansi Bela Palestina Boikot Israel (ABABIL) Bersama ormas Islam, komunitas...

BeritaInternasional

Krisis Kelaparan Akibat Penjajahan Israel di Gaza, Paksa Penduduk Palestina Makan Daun Pohon

GAZA – Ahmad Abdulrahim (38 tahun), berjalan-jalan di sisa-sisa pasar di Kota...

BeritaInternasional

Abu Ubaida: Sembilan Bulan Perlawanan, Kemampuan Tempur Al-Qassam Semakin Kuat

GAZA – Juru bicara Brigade Al-Qassam Abu Ubaida mengatakan bahwa para pejuang...